SEO

Selasa, 22 Agustus 2017

Permandian Air Panas Cibolan

Berbicara mengenai wisata di Pangalengan, tentu tidak asing lagi bagi kita mengenai Situ Cileunca dan Perkebunan Teh Malabar yang terkenal akan keindahannya. Namun tahukah anda bahwa ternyata ada objek wisata lain yang cukup terkenal dan sangat diminati oleh Warga Pangalengan dan menjadi pavorit bagi setiap yang berkunjung ke Pangalengan yakni Wisata Cibolang Hot Spring atau Pemandian Air Panas Cibolang yang terletak di dataran tinggi pegunungan Bandung Selatan dengan ketinggian 1.400 mdpl dengan luas hampir 2 Hektar. Jika anda dari Kota Bandung maka akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 jam perjalanan, dan jika anda menginap di Villa Kayu Pangalengan, anda dapat melanjutkan petualangan besok pagi dengan hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit untuk sampai di Permandian Air Panas Cibolan. 

Kawasan Wisata Pemandian Air Panas Cibolang Bandung buka 24 jam, jadi anda bisa datang kapanpun yang anda inginkan. Sebaiknya anda datang pagi hari di saat udara sedang sejuk dan pemandangan yang indah, serta anda bisa menikmati wisata ini lebih lama. Untuk dapat memasuki wisata ini, anda harus membayar tiket masuk sebesar :

Harga Tiket Wisata Cibolang :
Perorangan                  : Rp. 10.000/ orang
Parkir Roda 2              : Rp. 2.000
Parkir Mini Bus           : Rp. 5.000
Parkir Bus Truk           : Rp. 20.000
Bak Rendam               : Rp. 10.000/ orang

Bagi anda yang ingin menuju Pangalengan, anda harus menempuh perjalanan yang panjang dan berkelok-kelok, membuat anda harus berhati-hati. Di dalam perjalanan, anda akan menikmati indahnya panorama kebun teh ketika memasuki areal PT. Perkebunan Nusantara VIII Malabar. Ketika memasuki area ini, jangan lupa untuk berhenti sejenak di pinggir jalan yang cukup luas sehingga tidak mengganggu kendaraan lain yang berlalulalang, lalu keluarkan kamera anda dan berfotolah dengan latar belakang kebun teh yang hijau. Indahnya alam di Bandung Selatan ini sangat menakjubkan dengan suhu yang dingin yang membuat kita untuk terus bersyukur dan menjaga kelestariannya.
  
Jalan raya yang membelah kebun teh yang indah ditambah dengan pohon-pohon besar berada di kanan kiri jalan sungguh membuat decak kagum akan keindahan alam perekebunan menuju ke Pemandian Air Panas Cibolang. Lalu, anda akan meninggalkan jalan aspal dan masuk ke jalan bebatuan, membelah sawah dan sampai akhirnya anda akan menemukan gerbang Pemandian Air Panas Cibolang. Memasuki area Cibolang, pengunjung langsung disuguhi pemandangan pegunungan yang menjulang dari tempat parkir kendaraan yang sangat luas dan membuat anda bebas memilih di mana kiranya tempat yang cocok untuk memarkirkan kendaraannya. Begitu pula dengan parkiran untuk kendaraan roda dua / motor sudah disediakan secara khusus, jadi anda pengguna kendaraan langsung saja memarkirkan kendaraan ke tempat yang telah disediakan.
Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan di Wisata Pemandian Air Panas Cibolang?

Ada 3 Kolam

Objek wisata Pangalengan memang menjadi destinasi utama wisatawan lokal maupun mancanegara yang sedang liburan ke Bandung. Alasannya bisa kita lihat dan rasakan dari tempatnya yang memang berhawa sejuk dengan suhu udara antara 12 – 28 oC, dengan pemandangan alam yang alami, asri, dan segar, seperti di kawasan Cibolang. Sebagaian besar kawasan Wisata Cibolang ini dihiasi oleh hamparan perkebunan teh yang tumbuh subur dan hijau, terlebih di kawasan wisata ini telah dilengkapi banyak fasilitas wisata yang akan menjadikan anda betah berlama-lama berada di sini. Pemandian Air Panas Alami di Cibolang ini terkenal dengan khasiatnya yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kulit, karena sumber air panas yang dialirkan ke kolam panas Cibolang bersumber dari Gunung Windu.

Kolam pertama dekat pintu masuk

Dikarenakan pengunjung yang datang ke sini terdiri dari banyak golongan usia, maka kolam pemandian air panas alami di Cibolang Pangalengan ini pun menyediakan beberapa macam kolam dengan kedalaman dan fungsi yang berbeda-beda. Setibanya anda di sana, anda akan melihat kolam pamandian air panas pertama yang disediakan untuk pengunjung dewasa atau juga untuk terapi. Kedalaman kolam pertama yang dekat dengan pintu masuk ini mencapai sekitar leher orang dewasa, dengan suhu kolam mencapai 40 oC.


Kolam kedua yang luas

Kolam ketiga bak rendam
Jenis kolam pemandian air panas yang bisa anda kunjungi lainnya ialah kolam kedua yang menjadi kolam terluas di Pemandian Air Panas Cibolang. kedalamannya hanya sekitar 80 cm, sehingga anda yang sudah dewasa dan remaja bisa masuk ke kolam ini. Suhu kolam air panas di sini mencapai 35 oC. Lalu, di sini juga tersedia untuk anda jenis kolam pemandian air panas yang sangat cocok dan ideal sebagai tempat anda bersantai dengan berendam, khususnya buat kolam berendam anak. Namun, untuk maasuk ke lokasi kolam renang dangkal ini, anda harus membayar tiket masuk atau tarif retribusi terlebih dahulu sebesar Rp.10.000, sekaligus anda pun akan mendapatkan satu ban rendam. Tentunya, seluruh kolam ini merupakan kolam yang bersumber dari mata air dan mengeluarkan air panas mengandung belerang yang sangat baik untuk kesehatan kulit.


Petunjuk Arah
Jika anda mau berkunjung ke lokasi wisata Cibolang di pangalengan ini, silahkan mempergunakan kendaraan pribadi, dan berikut adalah cara mengaksesnya :

Dari arah kota bandung, silahkan anda melewati jalur jalan Kopo – Soreang. Sebelumnya anda akan melewati Kopo Square dan Miko Mall, lalu pas di bunderan pertigaan warung lobak, arah kendaraan anda ke kiri ( jika ke kanan ke arah Ciwidey ), dan selanjutnya Anda akan melewati Restarant Kampoeng Sawah, dan selanjutnya menemukan kembali pertigaan, dan ambil arah kiri kembali.

Selanjutnya anda akan menemukan pertigaan kembali, dan arahkan kendaraan anda ke kanan, dan anda nantinya akan melewati juga objek wisata Kampung Batu Malakasari Banjaran. Dari sana lurus terus dan pas bertemu belokan lagi, anda ambil kanan kembali hingga anda masuk ke kota pangalengan.

Tepat di kota pangalengan, di sana ada bunderan dan silahkan anda perhatikan di sana ada papan petunjuk jalan menuju ke cibolang. Dari lokasi bunderan ini ke Cibolang pangalengan adalah sekitar 30 menit berkendaraan, sebelum akhirnya tiba di gapura perkebunan teh malabar.

Dari gapura perkebunan teh malabar, silahkan anda belok kiri lurus hingga menemukan papan yang bertuliskan Pemandian air penas Cibolang. Dan dari sana, lokasi pemandian hanya berjarak kurang dari 1 km saja, hingga anda menemukan gapura selamat datang di Cibolang.

Nah sahabat traveler’s, demikianlah informasi seputar tempat wisata di pangalengan yang sangat terkenal dan bisa anda jadikan alternnatif destinasi wisata liburan anda. Ingat liburan ke bandung, jangan lewatkan kunjungi Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan.


0 komentar:

Posting Komentar